Membangun Blog Bisnis (pemula)

Blog, baik personal maupun bisnis, semakin umum digunakan sebagai support pendukung website komersil. Bahkan dengan fitur yang cukup beragam ditawarkan oleh penyedia layanan blog gratis seperti Wordpress.com maupun Blogger.com, blogsite telah banyak menjadi situs komersil itu sendiri yang berdiri tanpa perlu membangun website komersil secara khusus.
Sebagai suatu bisnis,
nadi utama sebuah blog tentu saja adalah pengunjung. Seperti halnya suatu industri butuh pangsa atau toko yang butuh pembeli, situs apapun akan sangat memerlukan pengunjung sebagai pangsa pembelinya. Meningkatkan jumlah pengunjung atau "traffic" akan menjadi pekerjaan tersendiri dalam "memasarkan" bisnis apapun yang anda jalankan.
Anda bisa memanfaatkan jasa marketing professional jika cukup bermodal untuk mengembangkan bisnis anda, namun teknik pemasaran gratis pun sangat menantang terutama bagi yang modal awalnya pas pasan sekedar cukup membayar koneksi internetnya saja..(hee...keep on rocking bro..!)

Sekilas teknik gratisan ini bisa diterapkan bagi anda yang seperti saya (sekedar modal koneksi...^_^).
Nomor satu adalah mengoptimalkan mesin pencari google.
Kenapa google? karena google adalah mesin pencari paling populer dan jika anda pemula maka mengoptimalkan semua mesin pencari lain seperti yahoo, bing, msn, dll akan menyita waktu memecah fokus anda.
Dengan muncul di halaman pertama google berarti situs anda mudah ditemukan dan "harapannya" akan banyak dikunjungi pula. Optimalisasi mesin pencari atau "Search Engine Optimalization" (SEO) bisa dilakukan dengan teknik pengaturan tataletak tampilan situs yang efektif maupun trik pemilihan kata dalam artikel dan halaman blog yang berfungsi sebagai "keyword" atau kata kunci dalam pencarian / googling.

Teknik lain adalah "web submission" atau mendaftarkan situs anda di mesin pencari lain seperti yahoo, bing, msn, dll, Termasuk melalui jasa submission gratis semacam freewebsubmission.com, submitexpress.com dan lain lain.
Menyebarkan alamat situs juga bisa melalui jasa iklan gratis yang banyak bertebaran seperti iklangratismurah.com atau forumiklan.com dan lain lain. Semakin banyak situs anda tercantum di berbagai situs lain baik melalui web submission maupun periklanan, akan meningkatkan rangking situs (pagerank) anda pada mesin pencari sehingga akan semakin mudah ditemukan.

Hal lain dalam "memasarkan" situs anda adalah melalui media sosial network seperti facebook, twitter, maupun google+ dan sebagainya. Semakin banyak teman anda di jejaring sosial maka semakin banyak pula yang akan mungkin mengunjungi situs anda.

Ada lagi, dengan teknik backlink atau pencantuman alamat situs anda di situs lain. Semakin banyak backlink anda akan dibaca oleh mesin pencari sebagai "semakin populer". Backlink bisa anda dapatkan melalui tukar menukar backlink, jasa backlink-exchange gratisan, atau bahkan sekedar berkomentar di situs lain dengan mencantumkan alamat situs anda.
Untuk yang terakhir ini bisa dengan mudah anda lakukan dengan mengomentari posting ini misalnya melalui kolom komentar di bawah ini.
Komentar anda, ternyata memiliki manfaat rahasia meningkatkan rangking situs anda..!

Jika anda belum menemukan bisnis apa yang akan dijalankan di internet / online, anda bisa membuka tab "cari duit? sini!" atau "afiliasi benmapan" di bagian atas blog ini.
Jadi, silakan berkomentar tiap anda ke sini, sampai ketemu di posting berikut atau silakan "meninggalkan backlink-backlink" di tab lain blog benmapan ini insyaAllah pasti ada kunjungan balasan.., semoga bisnis anda juga semakin berkembang..!!




2 komentar:

  1. ijin mampir dan ngintip2 tulisanya ah :D hahai.

    BalasHapus
  2. saya juga sedang belajar nih gan, belajar menggunakan via adf.ly tapi... makasih ilmunya gan! semoga bermanfaat.

    BalasHapus

untuk privasi anda boleh saja menggunakan nama anonim